Review ASUS 1215B

1. Spesifikasi
Spesifikasi dari Asus 1215B yg digunakan utk review adalah sbb:

Processor/Chipset: AMD Fusion APU E350 1.6GHz (dual core)

Graphic: Radeon HD 6250/Radeon HD 6310
Display: 12.1" LED backlit WXGA (1366x768) Screen
Memory: 4GB DDR3/1066 Memory(2x2gb)
Hard Drive: 320GB SATA(Seagate 5400 RPM)
Audio: Realtek Hi-Definition Audio CODEC

Wireless LAN: Atheros WLAN 802.11 a/b/g/n@2.4GHz

Bluetooth: Broadcom Bluetooth V3.0+HS
Camera: 0.3MP
OS: Asus Express Gate Cloud/Windows 7 Home Premium 64bit

Port/Interface:

1 x VGA Connector
2 x USB 2.0
1 x USB 3.0/2.0 Combo
1 x LAN RJ-45
1 x HDMI
2 x Audio Jack (Headphone/Mic-In)
1 x Card Reader : SD/ SDHC/ SDXC/ MMC

Battery: 8 hrs, 6-Cell 56Wh Li-ion Battery (5200 mAh)

Power Adaptor: 40W
Dimensi/Ukuran Unit: 296 x 203 x 38 mm (WxDxH)
Dimensi/Ukuran Adaptor: Approx. 8.5 x 3.5 x 2.5 cm (WxDxH)
Berat: 1.45 kg (Complete System)
MSRP : $399-409 (* Stock unit dgn 2gb ram dan tanpa OS)
Website: http://www.asus.com/product.aspx?P_ID=5K7QRFbPkwEIa5Uj

A. Build & Design
Netbook Asus 1215B dengan platform AMD brazzo menggunakan desain Seashell yg sama dgn pendahulu-nya (1215T/1215N) shg kelemahan design yg menyebabkan hdd tidak/sulit diganti sendiri tanpa membongkar total unit masih ada. Model ini tersedia dalam 3 warna yaitu: hitam (glossy/matte), merah (glossy+matte), dan silver(matte). sayang sekali penggunaan matte plastik terbatas hanya pada: cover dan wrist/touch-pad area, bagian hitam di sekitar keyboard dan layar masih mrpk plastik glossy yg mudah tergores, magnet debu dan sidik jari.
Buildwise cukup kokoh walaupun hanya terbuat dari plastik.
Keyboard chicklet cukup nyaman digunakan utk mengetik dalam jangka waktu lama.
Touchpad yg digunakan telah mendukung multi touch/gesture shg bisa menjadi nilai tambah bagi yg sudah terbiasa menggunakan-nya. Sayang tombol klik kiri&kanan pada touch pad cukup keras dan berisik.
Tombol power, tombol shorcut manajemen daya, dan tombol shorcut manajemen wireless&blutooth pada awal-nya terasa keras dan kaku ketika ditekan, tetapi stl penggunaan bbrp lama akan normal.
Port/output yg disediakan cukup lengkap utk ukuran netbook plus port usb 3 dapat digunakan utk tranfer file besar lebih cepat drpd usb 2.
Adaptor yg disertakan cukup mungil hanya seukuran charger hp shg memudahkan utk dibawax2.(cek Dimensi/Ukuran Adaptor pada bag. 1 dan perbandingan adaptor dgn sodim pada bag.2)

B. Display
Display menggunakan glossy panel 12.1" dgn resolusi 1366x768@60hz. Dengan setting brightness 50% cukup nyaman digunakan di dalam ruangan selama tidak ada cahaya yg memantul di layar. Gradasi warna cenderung pucat.

C. Performance
Untuk office dapat digunakan dgn lancar dan cukup nyaman dgn ukuran layar 12.1" dgn resolusi HD.
Untuk multimedia, HD movies bisa play file full hd dgn lancar dengan menggunakan MPC-HC plus dgn Port hdmi dapat digunakan utk output film full HD+5.1 sound ke perangkat HT lain. Untuk music dibutuhkan headphone utk hasil lebih baik krn volume speaker tidak dapat bersuara terlalu besar.
Untuk gaming hanya dapat menjalankan game ringan dgn detail rendah-medium pada resolusi 800x600-1366x768. 
D. Temperature & Emissions
Airflow unit mengambil udara dari bagian depan-bawah netbook (cek.gambar di part 2:Bottom-opened hatch), tepat-nya kisix2 di di bagian tengah tepat dibawah slot ram yg terbuka. Lalu dgn bantuan kipas udara dibuang keluar dgn kipas disisi yg mempunyai kisisx2.
Suhu pada saat idle/office/browsing stl 2 jam:
E. Battery Life
Utk browsing dan office dgn brightness lvl 50%, 1usb mouse dongle, wifi: on, dan blutooth: off baterai dapat bertahan sekitar 6jam.
Utk play movies full hd dgn mpc-hd, brightness lvl 50%, 1usb mouse dongle, wifi: on, dan blutooth: off baterai dapat bertahan sekitar 3jam. Agar dapat menjalankan 1080p movies
Agar dapat baterai bertahan lebih lama dapat melakukan: set brightness layar ke minimal, matikan layar(output ke layar external via vga/hdmi), matikan wifi/bluetooth/speaker/background task, dan set power scheme/eee hybird engine ke power saver. Hanya pastikan masih dalam batas toleransi nyaman digunakan.
Charging batere dari kosong sampai full membutuhkan waktu sekitar 2-2.5 jam bila laptop dimatikan atau digunakan utk office, bila dalam keadaan load(eq: benchmarking, nonton film) maka waktu yg charging yg dibutuhkan sekitar 4jam.
Sedikit tambahan ada fitur utk charge perangkat lain dgn menggunakan usb yg di sebelah kiri seperti yg terdapat di notebook toshiba(Install dulu software bawaan dari cd utk mengaktifkan fitur ini).


F. Anomali
Selama pengujian muncul bbrp anomali seperti:
- Kompabilitas dgn usb hub, yg dapat menyebabkan macet pada saat booting
- Dgn menggunakan batere mouse/keyboard wireless dapat lag/stuter bila port usb dipakai pada sisi yg sama, tersangka utama : aliran listrik ke usb port mulai tidak stabil/dikurangi

4. Conclusion
Pro:
+ USB 3 port
+ Left USB port as charger
+ 1366x768 screen
+ Can run any windows 32/64bit program (speed not guaranteed)
+ Can play full HD movies+5.1 out via hdmi
+ High battery capacity
+ High price/performance or spec. ratio
+ Small/portable & Solid Build

Cons:
- Port Charging dgn pin 0.5mm yg ringkih (handle with care)
- HDD not user replaceable
- Not full matte plastic
- Rather hot at bottom

* Verdict: Netbook ideal utk portable office, portable HTPC(should be called HTPP-Home Theater Portable Player), dan casual/peggle/zynga gaming...bahasa keren-nya liat judul

5. Afterthought/Addendum
1st of all ini netbook BUKAN notebook, shg lebih mengutamakan PORTABILITAS (ukuran kecil dan ringan), BATTERY LIFE, dan harga lebih ekonomis daripada performance. Sehingga tanpa mengurangi rasa hormat bagi yg mencari CPU performance utk workstation atau GPU performance utk gaming lebih baik mencari model lain. Karena performance CPU netbook hanya separo daripada CPU notebook normal/biasa, sedangkan performance GPU hanya setara dengan solusi onboard dari AMD/Nvidia/Intel Sandy Bridge.

Sumber : kaskus.us

Post a Comment

0 Comments