Jaringan Komputer 1



Jaringan komputer
Yaitu kumpula komputer dan alat-alat jaringan lain yang saling dihubungkan bersama menggunakan media komunikasi tertentu. Informasi yang melintas sepanjang media komunikasi, memungkinkan pengguna jaringan utuk saling bertukar data atau menggunakan perangkat lunak maupun perangkat keras secara berbagi(sharing).
LAN
LAN adalah suatu jaringan yang terbatas pada daerah yang relatif kecil. Lan biasanya terbatas pada daerah geografis tertentu, seperti laboratorium, sekolah, kantor dan gedung.
MAN
Suatu Man meliputi area gegrafis yang lebih luas, seperti suatu kota. Dengan inetrkoneksi jaringan dalam area geografis yang lebih luas, informasi dapat disebar secara mudah melalui jaringan.
WAN
Suatu WAN meliputi area geografis yang lebih luas lagi, yang meliputi suatu negara atau dunia. Umumnya jaringan ditempatkan pada banyak lokasi yang berbeda. WAN digunakan utnuk menghubungkan banyak LAN yang secara geografis terpisah.
Tipe-tipe LAN
ARCNet
ARCNet pertama kali dikembangkan oleh datapoint corporation.ARCNet menggunakan protokol yang dikembangkan sendiri oleh datapoint corporation, dan tidak mengunakan protkol standar IEEE yang biasa digunakan pada jaringan. Ada dua macam ARCNet berdasarkan pada kartu jaringan yaitu ARCNet berimpedansi rendah dan berimpedansi tinggi. Kecepatan maksimum yang dicapai ARCNet adalah 2,5 Mbps menggunakan media transmisi data beupa kabel koaksial RG-62 atau UTP.
Token Ring
Jaringan token ring pertama kali dikembangkan oleh IBM. Masing-maing workstation dihubungkan dengan kabel yang bentuknya menyerupai lingkaran (cincin). Masing-maing node harus dihubungkan pada satu konsentrator/ hub yang disebut MAU atau MKSAU (multi station access unit). Cara akses yang digunakan dalam jaringan Token ring disebut dengan pelewatan token. Token yang merupakan bit tanda berputar berkeliling melintasi network station. Jika suatu workstation mendapat token ,maka workstation tersebut mempunayi hak untuk mengirim data, sedangkan yang lain harus menunggu sampai mendapat giliran mendapatkan token. Media transmisi yang digunakan adalah kabel yang dibuat sendiri oleh IBM. Kartu jaringan yang digunakan adalah dengan kecepatan 4 Mbps dan 16 Mbps.
FDDI
FDDI adalah jaringan yang terutama digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih LA menggunakan jaringan serat berkecepatan tinggi. Cara akses yang digunakan dalam jaringan ini adalah pelewatan token. Keuntungan atama jaringan ini adaalh kecepatanya yang tinggi. Kecepatan yang dapat dicapai oleh FDDI adalah 100Mbps menggunakan kabel serat optik.
ATM
ATM merupakan jaringan yang dapat mengirim dala dalam bentuk paket-paket kecil.berbeda dengan jaringan yang lain yang mengirim data yang paket-paketnya panjang. Kecepatan  yang dapat dicapai adalah 155 Mbps atau lebih. Kecepatan transmisi yang tinggi merupakan keuntungan dari tipe jaringan ini. Media transmisi yang biasa digunakan adalah fiber opti atau UTP.
Local Talk
Local talk merupakan jaringan yang dikembangkan pertama kali oleh Apple Computer Inc. untuk komputer macintos. Metode yang digunakan oleh jaringan Loca Talk disebut CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance). Pada jaringan ini digunakan adapter Local talk dan kabel TP khusu yang digunakan untuk menghubungkan sederetan komputer melalui port serial. Kecepatan yang bisa didapat hanya 230 Kbps.

Post a Comment

1 Comments