Membuat Daftar Isi Otomatis dengan Micorsoft Office 2007



Salam cendekia, sobat semua pasti pernah mengalami atau punya pengalaman dalam membuat sebuah laporan yang sistematis dan sangat kompleks. Laporan tersebut dapat berupa laporan praktek, laporan pertanggunjawaban organisasi, bahkan laporan yang membuat pusing adalah laporan skripsi (pengalaman penulis). Dalam sebuah laporan biasanya banyak memuat point-point atau Bab dan Sub-Bab yang sangat banyak. Yang menjadi persoalan adalah saat laporan sudah jadi dan akan membuat halaman daftar isi. Seringkali hal ini menjadi masalah apalagi setelah daftar isi sudah dibuat dan ada revisi laporan otomatis halaman pun berubah dan mau tidak mau kita juga harus merubah halaman di daftar isi, sungguh repot bukan?? Tapi kali ini kami akan sedikit berbagi ilmu tentang bagaimana cara membuat halamn daftar isi otomatis dengan menggunakan MS.Word 2007. Langkah yang harus dilakukan adalah 

Buat nomor halaman pada setipa halaman dengan menggunakan insert page number.

  
Kemudian buat format tulisan BAB dan Sub BAB di laporan anda menggunakan format heading 1, heading 2, heading 3. Sebagai contoh untuk judul tiap BAB gunakan Heading 1, kemudian untuk Sub BAB gunakan heading 2, dan untuk Sub-Sub BAB gunakan heading 3 seperti gambar dibawah ini 
Bab 1 dan Sub Bab nya letakkan dihalaman satu, Bab 2 dan Sub Bab nya letakkan dihalama 2 dan seterusnya.
Setelah selesai diformat kemudian pilih Referencesà pilih Table of Contents
Maka halaman daftar isi otomatis jadi sesuia dengan nomer halaman tiap BAB dan Sub-Subnya. Dengan menggunakan cara ini jika terjadi pergeseran halam maka kita tinggal update saja Table of Contents maka daftar isi akan diperbarui secara otomatis.

Demikian sedikit ilmu yang bisa saya share, semoga bermanfaat bagi sobat semuanya.

Salam Cendekia

Berbagi Ilmu Untuk Kebaikan








Post a Comment

0 Comments